MATERI TIK - MENGENAL PERBEDAAN TAMPILAN MICROSOFT EXCEL 2010 DAN 2007
Mengenal interface atau tampilan Microsoft Excel 2007. Untuk dapat menggunakan Microsoft Excel 2007 dengan maksimal, yang paling dasar, tentunya kita harus mengenali interface atau tampilan dari microsoft office excel 2007.
Tampilan (interface) microsoft office excel 2007 mengalami perubahan yang mencolok dibanding dengan seri sebelumnya, microsoft office excel 2003.
Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, memiliki bagian-bagian yang terdiri atas Office Button; Quick Access Toolbar; Menu Bar (Baris Menu); Title Bar (Baris Judul); Tool Bar (Baris Tool Bar); Tombol Ukuran (Sizing Button); Name Box; Formula Bar; Column; Baris; Tab Worksheet; Insert Worksheet; Status Bar; Document Area; Horizontal Scroll Bar; Vertical Scroll Bar; Zoom; dan Tampilan Layar.
Selengkapnya sila lihat gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar):
Bagian-bagian pada interface atau tampilan Microsoft Excel 2007, secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:
* Office Button terdiri atas perintah: New Document, Open, Convert, Save, Status Bar Tab Worksheet Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
* Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
* Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
* Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
* Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
* Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
* Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
* Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
* Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
* Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
* Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
* Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
* Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
* Status Bar, Status lembar kerja anda.
* Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
Itulah, interface atau tampilan Microsoft Excel 2007.
Sedangkan Microsoft 2010 :
1. Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:
* Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
* Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
* Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
* Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
* Tab Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam Excel.
* Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain.
* Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook
* Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela
2. Groups, adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab
3. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan tombol Redo
4. Tombol Dialog, yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5. Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan worksheet dokumen Excel
6. Tab Sheet, merupakan kartu yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7. Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.
8. Zoom Level, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja
¤ Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris. Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian pada worksheet 2010 berikut ini :
Tampilan (interface) microsoft office excel 2007 mengalami perubahan yang mencolok dibanding dengan seri sebelumnya, microsoft office excel 2003.
Pada Windows Microsoft Excel 2007 yang muncul, memiliki bagian-bagian yang terdiri atas Office Button; Quick Access Toolbar; Menu Bar (Baris Menu); Title Bar (Baris Judul); Tool Bar (Baris Tool Bar); Tombol Ukuran (Sizing Button); Name Box; Formula Bar; Column; Baris; Tab Worksheet; Insert Worksheet; Status Bar; Document Area; Horizontal Scroll Bar; Vertical Scroll Bar; Zoom; dan Tampilan Layar.
Selengkapnya sila lihat gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar):
Bagian-bagian pada interface atau tampilan Microsoft Excel 2007, secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:
* Office Button terdiri atas perintah: New Document, Open, Convert, Save, Status Bar Tab Worksheet Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
* Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
* Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
* Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
* Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
* Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
* Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
* Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
* Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
* Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
* Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
* Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
* Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
* Status Bar, Status lembar kerja anda.
* Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
Itulah, interface atau tampilan Microsoft Excel 2007.
Sedangkan Microsoft 2010 :
1. Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:
* Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
* Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
* Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
* Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
* Tab Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam Excel.
* Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain.
* Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook
* Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela
2. Groups, adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab
3. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan tombol Redo
4. Tombol Dialog, yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5. Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan worksheet dokumen Excel
6. Tab Sheet, merupakan kartu yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7. Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.
8. Zoom Level, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja
¤ Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris. Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian pada worksheet 2010 berikut ini :
Gambar 2. Tampilan Worksheet Excel 2010
1. Sel, merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3. Select Sel, digunakan untuk memilih semua sel dalam satu worksheet
4. Name Box, adalah suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam Excel
5. Tab Split, merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung horizontal
6. Formula Bar, merupakan kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah
Selamat belajar :)
Komentar
Posting Komentar